DWI DIUJIWANTI

Sabtu, 26 Mei 2012

ANALISIS

BAB II  KAJIAN TEORI


2.1    Teori

         Dalam KBBI, pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan tentang huruf kapital, pada poin pertama dijelaskan bahwa huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama pada awal kalimat.
Misalnya :
Dia mengantuk.
Perlu dibedakan antara……..
Pekerjaan belum selesai.

         Dalam buku Teknik Menulis Karya Ilmiah, penerapan Ejaan Yang Disempurnakan tantang huruf kapital pada poin keenam dijelaskan bahwa huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama orang.
Misalnya :
Sri Andariyani, Dewi Sartika.

          Dan pada buku Pedoman Umum EYD dan Dasar Umum Pembentukan Istilah poin ke14 huruf kapital juga dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman, yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan.
Misalnya :
“ Kapan Bapak berangkat?” Tanya Harno.
Adik bertanya, “Itu apa, Bu?”
“Silakan duduk, Dik!” kata Dhika.

        Akan tetapi huruf kapital tidak dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan yang tidak digunakan dalam pengacuan atau penyapaan. Seperti,
Kita harus menghormati bapak dan ibu kita. Semua kakak dan adik saya sudah berkeluarga.

2.2    Metode
       Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian ini yang telah dijabarkan, maka metode yang digunakan metode sebagian karena hanya terfokus pada penggunaan huruf  pertama kata  pada awal kalimat, pada huruf pertama nama orang dan pada huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan.
 










Tidak ada komentar:

Posting Komentar