DWI DIUJIWANTI

Minggu, 27 Mei 2012

JAWA

 BAB III
METODE DAN TEKNIK

1.1    Metode dan Jenis Penelitian
3.1.1 Metode Penelitian
Sesuai dengan permasalahan dan tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian, maka peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan  demikian, peneliti berusaha menjelaskan konsep-konsep dalam satu hubungan dengan yang lain, digunakan kata-kata satu kalimat dalam struktur yang logis serta mempergunakan pemahaman yang mendalam, kesemuanya itu dikemukakan secara apa adanya atau sesuai kenyataan yang ditemukan.
Metode deskriptif yang digunakan dalam penelitian ini terutama berhubungan dengan pengumpulan data, menggambarkan data secara ilmiah dan penyajian dan bentuk sapaan bahasa Jawa dalam laporan penelitian.
3.1.2 Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Oleh karena itu, peneliti langsung ke tempat penelitian untuk mengambil data sesuai dengan masalah penelitian.

1.2    Data dan Sumber Data
1.2.1    Data
Data yang digunakan peneliti dalam hal ini adalah data lisan. Data bahasa lisan tersebut diperoleh dari hasil interaksi masyarakat Bima-maroa berupa tuturan-tuturan dalam bentuk kalimat-kalimat dan kata-kata yang memuat tentang sapaan bahasa Jawa yang dituturkan secara langsung oleh penutur aslinya.
1.2.2    Sumber Data
Sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah diambil dari masyarakat Bima-maroa atau sekelompok orang yang berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari, sebagai penutur asli bahasa Jawa baik itu di dalam keluarga maupun di lingkungan masyarakat.
1.3    Instrumen Penelitian 
Dalam penelitian ini, penelitian  bertindak sebagai perencana, pengumpulan data, menganalisis, penafsiran data pelapor. Hasil penelitian ini berarti peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Untuk mendukung instrumen kunci tersebut digunakan pula instrumen berupa panduan wawancara.

1.4    Metode dan Teknik Pengumpulan Data

Penelitian ini tergolong penelitian lapangan  sehingga peneliti dalam mengumpulkan data langsung ke lokasi penelitian. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode cakap dan simak. Dengan teknik ini rekam ini, peneliti dapat mengurangi kelemahan ingatan, pikiran, pengamatan dan pencatatan. Teknik lain yang dapat digunakan adalah teknik catat.
1.5    Metode dan Teknik Analisis Data
Pendekatan yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini mengacu pada pendekatan struktural yang bersifat deskriptif sinkronis yakni peneliti berupaya memberikan gambaran objektif tentang sistem sapaan dalam bahasa Jawa dengan memberlakukan bahasa tersebut dalam pemakaian masyarakat tutur pada saat ini. 
Semua data yang ditemukan dalam penelitian, dikumpulkan dan selanjutnya data tersebut diseleksi dengan cara mengklasifikasi berdasarkan ruang lingkup masalah penelitian. Klafisikasi tersebut terdiri atas :
1.    Sistem sapaan yang digunakan dalam lingkungan keluarga, dan
2.    Sistem sapaan yang digunakan di luar lingkungan keluarga.
Semua data yang telah diseleksi selanjutnya dianalisis secara deskriktif, yakni suatu cara yang dipergunakan dalam menganalisis bahasa dan segala uraiannya didasarkan pada kenyataan yang ada dalam bahasa yang teliti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar