DWI DIUJIWANTI

Sabtu, 26 Mei 2012

ANALISIS

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulisan, yang mengungkapkan pikiran yang utuh. Dalam wujud lisan, kalimat yang diucapkan dengan suara naik turun dank keras lembut, disela jeda, dan diakhiri dengan intonasi akhir yang diikuti oleh kesenyapan yang mencegah terjadinya perpaduan ataupun asimilasi bunyi ataupun proses  fonologis lainnya. Dalam wujud tulisan berhuruf  Latin, kalimat dimulai dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.), tanda tanya (?), atau tanda seru (!); sementara itu di dalamnya disertakan pula berbagai tanda baca seperti koma (,), titik dua (:), tanda pisah (-), dan spasi.
Dalam penulisan kalimat, memiliki komponen yang saling mendukung salah satunya penggunaan huruf kapital dengan baik dan benar sehingga penulisan kalimat tetap mengikuti kaidah-kaidah atau aturan yang berlaku dalam bahasa tulis. Namun sangat disayangkan penggunaan huruf kapital pada kalimat dalam skripsi bahasa Indonesia masih  banyak ditemukan kekeliruan.
Dalam hal ini peneliti menganalisis kesalahan penggunaan huruf kapital pada kalimat dalam skripsi bahasa Indonesia khususnya pada skripsi “Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari”, karena masih kurangnya penelitian serupa yang dilakukan oleh mahasiswa bahasa Indonesia. Analisis ini bertujuan memeberikan layanan informasi mengenai penggunaan huruf kapital dan dalam penulisan skripsi kedepannya menjadi lebih baik.

1.2     Rumusan Masalah

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah bagaimana menganalisis kesalahan-kesalahan penggunaan huruf kapital pada awal kalimat, pada awal nama orang, dan pada awal kata penunujuk hubungan kekerabatan dalam skripsi Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kendari?

1.3    Tujuan Dan Manfaat
Dalam menganalisis huruf capital ini yang menjadi tujuan dan manfaat adalah :
1. Untuk mengetahui kesalahan-kesalahan dalam menggunakan huruf kapital pada skripsi.
 2. Sekaligus untuk perbaikan bagaimana penggunaan huruf kapital yang sebenarnya pada kalimat dalam skripsi.

1.4    Ruang Lingkup
Penelitian ini tidak menganalisis kesalahan semua penggunaan huruf kapital , tetapi dibatasi hanya pada penggunaan huruf  pertama kata  pada awal kalimat, pada huruf pertama nama orang dan pada huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar