DWI DIUJIWANTI

Sabtu, 26 Mei 2012

ANALISIS


BAB III ANALISIS KESALAHAN
3.1    Data
         Data kesalahan penggunaan huruf kapital dalam skripsi Sitti Dharmanita yang berjudul Kecepatan Efektif Membaca (Kem) Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Kendari :

1.    Ucapan terima kasih dan penghargaan terbesar penulis sampaikan kepada Ayahanda tercinta La Hamani dan ibu terkasih Suema (almh.) yang dengan tulusnya melahirkan, mengasuh dan membesarkan penulis hingga menjadi manusia dewasa dan berilmu serta segala pengorbanan, jerih payahnya untuk mencari nafkah demi membiayai studi penulis.    Ucapan terima kasih dan penghargaan terbesar penulis sampaikan kepada ayahanda tercinta La Hamani dan dan ibu terkasih  Suema (almh.) yang dengan tulusnya melahirkan, mengasuh dan membesarkan penulis hingga menjadi manusia dewasa dan berilmu serta segala pengorbanan, jerih payahnya untuk mencari nafkah demi membiayai studi penulis.
2.    Penulis juga ucapkan terima kasih kepada keluarga dan saudara-saudara penulis, Erni, Sari, Idul, Rahim, wulan, dan Ali yang senantiasa memberikan semangat kepada penulis.    Penulis juga ucapkan terima kasih kepada keluarga dan saudara-saudara penulis, Erni, Sari, Idul, Rahim, Wulan, dan Ali yang senantiasa memberikan semangat kepada penulis.
3.    Untuk mengukur tingkat pemahaman yang lengkap dari subjek peserta tes maka tes Kecepatan Efektif Membaca mencakup jenjang kognitif. jenjang kognitif yang dimaksud adalah sebagai berikut :    Untuk mengukur tingkat pemahaman yang lengkap dari subjek peserta tes maka tes Kecepatan Efektif Membaca mencakup jenjang kognitif. Jenjang kognitif  yang dimaksud adalah sebagai berikut :


3.2    Analisis
            Berdasarkan Ejaan Yang Disempurnakan, pedoman umum Ejaan Yang Disempurnakan tantang huruf kapital pada poin ke-14 huruf kapital juga dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman, yang dipakai dalam penyapaan dan pengacuan. Maka penulisan kata Ayahanda pada kalimat (Ucapan terima kasih dan penghargaan terbesar penulis sampaikan kepada Ayahanda tercinta La Hamani dan ibu terkasih Suema (almh.) yang dengan tulusnya melahirkan, mengasuh dan membesarkan penulis hingga menjadi manusia dewasa dan berilmu serta segala pengorbanan, jerih payahnya untuk mencari nafkah demi membiayai studi penulis.) tersebut keliru dan seharusnya tidak menggunakan huruf kapital  seperti pada tabel diatas.
         Dan pada buku Teknik Menulis Karya Ilmiah, penerapan Ejaan Yang Disempurnakan tantang huruf kapital pada poin keenam dijelaskan bahwa huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama nama orang. Maka penulisan nama Wulan dalam kalimat (Penulis juga ucapkan terima kasih kepada keluarga dan saudara-saudara penulis, Erni, Sari, Idul, Rahim, wulan, dan Ali yang senantiasa memberikan semangat kepada penulis.) itu keliru seharusnya nama Wulan harus menggunakan huruf kapital.
         Terdapat kekeliruan juga pada penggunaan huruf kapital pada huruf pertama awal kalimat seperti pada kalimat (Untuk mengukur tingkat pemahaman yang lengkap dari subjek peserta tes maka tes Kecepatan Efektif Membaca mencakup jenjang kognitif. jenjang kognitif yang dimaksud adalah sebagai berikut :) seharusnya kata jenjang tersebut menggunakan huruf kapital. Karena dalam KKBI, pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan tentang huruf kapital, pada poin pertama dijelaskan bahwa huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama pada awal kalimat.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar